+62-21 786 3426 magister_kessos@ui.ac.id

Program Studi

Sarjana

(S.Kesos)

Tahun Masa Studi*

SKS Ditempuh

Mata Kuliah Wajib UI*

Mata Kuliah Wajib UI Rumpun Ilmu Humaniora*

Mata Kuliah Wajib Fakultas

Mata Kuliah Wajib Program Studi Ilmu Kesos

Mata Kuliah Pilihan

p

Informasi Dasar

Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi

Visi

Menjadi program studi sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial unggulan di tingkat nasional dan regional yang mengembangkan pengajaran berbasis riset.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pengajaran yang bermutu dalam rangka mencetak lulusan berdaya saing tinggi secara akademis maupun moral.
  2. Melahirkan karya riset yang berkualitas dan berguna bagi masyarakat.
  3. Membina kemitraan dengan lembaga pemerintah, lembaga swadaya masyarakat dan dunia usaha guna meningkatkan peran serta Program di masyarakat.

tujuan

Menghasilkan sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial yang mempunyai kemampuan dasar untuk melakukan intervensi sosial melalui pengembangan program yang bersifat preventif, kuratif, rehabilitatif dan developmental, serta mampu melakukan tugas-tugas manajerial dalam rangka pengelolaan organisasi pelayanan

Kompetensi Lulusan
  1. Mampu mengaplikasikan nilai-nilai nasionalisme, integritas, toleransi, kreativitas, kerjasama, dan spiritualitas dalam masyarakat
  2. Mampu menganalisis isu-isu kesejahteraan sosial
  3. Mampu melakukan penelitian sosial yang berimplikasi terapan
  4. Mampu melaksanakan tugas-tugas manajerial dalam organisasi pelayanan kemanusiaan
  5. Mampu mengimplementasikan perencanaan sosial
  6. Mampu memberdayakan dan mengembangkan masyarakat
  7. Mampu melakukan intervensi sosial
Pengembangan Keterampilan Mahasiswa
  • Memberikan pelatihan soft skill (Social Skill Training) yang wajib diikuti semua mahasiswa baru yang bertujuan untuk melatih kepekaan sosial, kerjasama dalam tim serta kreativitas.
  • Memberikan pengalaman dan pengembangan keterampilan sosial melalui mata kuliah praktikum yang dilakukan pada lembaga-lembaga pelayanan sosial
  • Mendorong dan memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti kompetisi-kompetisi yang ada seperti Mahasiswa Berprestasi, hibah penelitian dan juga Model United Nation (MUN) di tingkat International serta program pertukaran mahasiswa.
  • Memberikan kesempatan mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang magister yang tersedia di Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial UI
Struktur Kurikulum & Metode Pembelajaran

Struktur Kurikulum

  1. Mata Kuliah Wajib Universitas
  2. Mata Kuliah Wajib Rumpun Ilmu Sosial Humaniora
  3. Mata Kuliah Wajib Fakultas
  4. Mata Kuliah Wajib Program Studi
  5. Mata Kuiah Pilihan

Metode Pembelajaran

  1. Ceramah dan Diskusi;
  2. Problem-Based Learning (PBL);
  3. Collaborative Learning (CL);
  4. E-Learning;
  5. Kunjungan dan Praktek Lapangan;
  6. Praktikum.

Distribusi Mata Kuliah per Semester

Semester 1

 

[supsystic-tables id=1]

Semester 2

 

[supsystic-tables id=2]

Semester 3

 

[supsystic-tables id=3]

Semester 4

 

[supsystic-tables id=4]

Semester 5

 

[supsystic-tables id=5]

Semester 6

 

[supsystic-tables id=6]

Semester 7

 

[supsystic-tables id=7]

Semester 8

 

[supsystic-tables id=8]

p

Deskripsi Mata Kuliah

7

Deskripsi Mata Kuliah Wajib

t

Pengantar Ilmu Kesejahteraan Sosial

Mata kuliah ini membahas pengertian Kesejahteraan Sosial dalam arti luas dan dalam arti sempit; keterkaitan antara bidang Pekerjaan Sosial dengan Ilmu Kesejahteraan Sosial; masalah dan isu yang dibahas oleh Ilmu Kesejahteraan Sosial; bidang-bidang Kesejahteraan Sosial dalam arti luas; serta menjelaskan secara singkat tentang metode-metode intervensi dalam Ilmu Kesejahteraan Sosial dan beberapa usaha-usaha kesejahteraan sosial yang berkembang saat ini. Disamping itu dalam mata kuliah ini dibahas pula secara singkat pengertian dan luas lingkup bahasan tentang Negara kesejahteraan serta diskursus-diskursus dalam melakukan usaha kesejahteraan sosial. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengantar bagi mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial guna memahami konsep-konsep dan bahasan yang akan dikaji dalam Ilmu Kesejahteraan Sosial.

!

Teori Sosiologi Bagi Kesejahteraan Sosial

Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan berbagai teori sosiologi sebagai alat untuk menganalisis permasalahan sosial dalam lingkup Ilmu Kesejahteraan Sosial. Teori sosiologi yang dibahas dalam kuliah ini meliputi teori sosiologi klasik dan modern. Teori sosiologi klasik membahas pemikiran dari tokoh-tokoh klasik seperti August Comte, Ibnu Khaldun, Emile Durkheim, dan Max Weber. Sedangkan Teori sosiologi modern membahas pemikiran dari tokoh-tokoh sosiologi modern seperti Talcott Parsons, George Herbert Mead, Irving Goffman, dan Peter L. Berger.

Prasyarat:
Telah mengikuti mata kuliah Pengantar Sosiologi, dan Pengantar Ilmu Kesejahteraan Sosial

P

Pengantar Psikologi Bagi Kesejahteraan Sosial

Mata kuliah ini memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam Psikologi serta ruang lingkupnya. Dibahas pula aliran, metode, konsep, dan bidang dalam psikologi. Di dalamnya antara lain membahas pengertian belajar dan tiga prinsip belajar (classical conditioning, operant conditioning, dan cognitive learning). Dibahas pula berbagai teori kepribadian serta kelainan tingkah laku manusia dan proses-proses yang melatarbelakangi, serta keterkaitannya dengan Ilmu Kesejahteraan Sosial.

Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan kerangka pemikiran tentang kesejahteraan sosial sebagai suatu sistem, usaha kesejahteraan sosial dan pelayanan sosial. Mata kuliah ini juga memperkenalkan kebijakan, landasan hukum formal dan program-program usaha kesejahteraan sosial (UKS), khususnya di Indonesia. Beberapa sub-sistem UKS akan dibahas, baik substansinya dan peran pekerja sosial dalam pelayanan sosial.

Prasyarat: Telah mengikuti  mata kuliah Pengantar Ilmu Kesejahteraan Sosial

Tingkah Laku Manusia dan Lingkungan Sosial

Mata kuliah ini membahas pengaruh timbalbalik antara sistem sosial dan tingkahlaku manusia. Materi kuliah ini berisi pemahaman tentang tahap-tahap perkembangan manusia dalam rentang kehidupannya, dan faktor-faktor yang mempengaruhi tahap-tahap perkembangan tersebut dilihat dari aspek biologis, psikologis dan sosial. Disamping itu kuliah ini juga mengembangkan kemampuan menganalisa tingkahlaku manusia dalam beradaptasi dengan lingkungan sosial.

Prasyarat:
Telah mengikuti mata kuliah Pengantar Psikologi bagi Kesejahteraan Sosial dan Teori Sosiologi bagi Kesejahteraan Sosial

f

Metode Intervensi Sosial

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang teori-teori, konsep-konsep serta metode-metode dalam pekerjaan sosial serta pendekatannya dalam kaitannya dengan  adanya gangguan fungsi sosial yang perlu ditangani secara professional. Diharapkan dalam kuliah ini mahasiswa dapat menggunakan kerangka pemikiran yang ada untuk menganalisa dan memberikan bantuan pada klien (individu, keluarga, kelompok dan komunitas) agar dapat membantu dirinya sendiri.

Prasyarat:
Telah mengikuti mata kuliah Pengantar Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Pengantar Psikologi bagi Kesejahteraan Sosial

Mata Kuliah Intervensi Kelompok

Kuliah ini akam memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam menerapkan metode intervensi kelompok sebagai bagian dari metode pekerjaan sosial untuk membantu klien atau sistem klien. Dalam kuliah ini akan dipelajari metode intervensi kelompok serta pendekatannya dalam kaitannya dengan gangguan fungsi sosial kelompok yang perlu ditangani secara professional. Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menggunakan kerangka pemikiran, pendekatan dan metode intervensi kelompok untuk menganalisa dan memberikan bantuan pada kelompok klien agar supaya mereka dapat menolong diri mereka sendiri.

Mata Kuliah Intervensi Individu dan Keluarga

Mata Kuliah ini akan memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk menerapkan metode intervensi keluarga sebagai bagian dari intervensi pekerjaan sosial untuk membantu klien atau sistem klien. Kursus ini akan memberikan pemahaman tentang keluarga: keluarga sebagai bentuk sistem, keluarga dan siklus kehidupan keluarga. Kuliah ini akan menjelaskan metode intervensi keluarga dan pendekatan dalam kaitannya dengan keluarga disfungsional sosial yang perlu ditangani secara profesional. Pada akhir kursus, siswa diharapkan mampu menerapkan kerangka kerja, pendekatan dan metode intervensi keluarga untuk menganalisis dan membantu keluarga.

Filsafat Dan Etika Kesejahteraan Sosial

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang nilai-nilai yang mendasari pekerjaan sosial kesejahteraan sosial. Adapun yang dipelajari meliputi pengetahuan tentang filsafat ilmu, filsafat manusia, masalah moral, nilai dan etika dalam pekerjaan sosial/kesejahteraan sosial. Selanjutnya dibahas keberadaan kode etik dalam rangka mewujudkan kesejahteraan sosial

Penelitian Kualitatif Kesejahteraan Sosial

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian penelitian dalam Ilmu Kesejahteraan Sosial secara umum, serta menjelaskan beberapa pendekatan dan jenis penelitian yang dapat diaplikasikan dalam Ilmu Kesejahteraan Sosial. Secara lebih khusus, dalam mata kuliah ini mahasiswa dikembangkan pemahamannya dan dilatih keterampilannya untuk melakukan penelitian kualitatif, dengan cara membentuk kelompok-kelompok yang akan melakukan penelitian kualitatif secara sederhana. Latihan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa memakan waktu sekitar 3 bulan secara paruh waktu, dengan memfokuskan pada teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (in-depth interviewing) ataupun diskusi kelompok terfokus (focus group discussion).

Manajemen Organisasi Pelayanan I

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang dasar-dasar manajemen organisasi pelayanan  yang meliputi konsep dasar organisasi dan manajemen organisasi pelayanan. Secara lebih khusus akan dibahas tentang karakteristik organisasi pelayanan, hubungan antara organisasi dan lingkungan, hubungan organisasi dengan klien serta fungsi-fungsi manajemen organisasi pelayanan. Di akhir kuliah mahasiswa diharapkan mampu mengamati dan menganalisis organisasi pelayanan berdasarkan konsep-konsep yang telah dipelajari.

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial

Manajemen Organisasi Pelayanan II

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan ketrampilan dalam mengelola organisasi pelayanan. Adapun materi yang diberikan dalam kuliah ini meliputi perencanaan program, pengelolaan sumber daya manusia, pendanaan, pemasaran sosial, serta monitoring, evaluasi dan akuntabilitas. Selain itu mahasiswa juga  dilatih ketrampilannya dalam merancang program, membuat proposal penggalangan dana, serta monitoring program.

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Manajemen Organisasi Pelayanan I

Kesejahteraan Sosial dalam Masyarakat Multikultural

Mata kuliah ini memberi pemahaman dan mengembangkan kepekaan mahasiswa mengenai masyarakat multikultural. Dalam perkuliahan,  mahasiswa akan mempelajari aspek pengetahuan seperti kondisi sosial psikologis dan karakter masyarakat multikultutal. Disamping itu juga melatih nilai-nilai dan keterampilan  mahasiswa dalam menerapkan cross-cultural sensitivity.

Kebijakan & Perencanaan Sosial

Mata kuliah ini memperkenalkan konsep, analisa kebijakan sosial, mengkaji kebijakan sosial dan dasar-dasar rancangan program pelayanan sosial, khususnya di Indonesia,  serta perencanaan sosial sebagai bagian yang terintegrasi dalam pembangunan Indonesia. Ruang lingkup pembahasan mencakup metodologi, proses, evaluasi dan kajian kasus-kasus program pembangunan sosial yang efektif.

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial

:

Teori Kesejahteraan Sosial Dasar

Mata kuliah ini membahas dasar-dasar Teori yang terkait dengan bahasan Kesejahteraan Sosial dalam arti luas. Mata kuliah ini membahas Teori Kesejahteraan Sosial sebagai teori eklektik (teori yang dikembangkan dengan menggunakan berbagai sumber yang diasumsikan dapat memberikan analisis dan penjelasan terbaik tentang fenomena yang terjadi di masyarakat) yang digunakan untuk menganalisis berbagai isu kesejahteraan sosial dalam kaitan dengan perkembangan di tingkat Global. Bahasan yang dikaji dalam mata kuliah bahasan antara lain adalah bahasan tentang negara kesejahteraan (welfare state) dan penyediaan layanan kesejahteraan social (welfare provision), termasuk perspektif konservatisme modern, demokrasi sosial dan radikalisme baru. Selain itu dibahas pula perspektif ekologi dan pembangunan yang berkesinambungan; Globalisasi dan jejaring dalam masyarakat informasi; perspektif psikologi sosial dalam melihat perubahan; komunitas, kelas dan eksklusi sosial; serta bahasan tentang  insecurities dan perlindungan sosial.

0

Intervensi Komunitas dan Pengembangan Masyarakat

Mata kuliah ini menjelaskan keterkaitan antara pembangunan sosial dan perubahan sosial terencana dalam kaitan dengan Intervensi Komunitas. Mata kuliah ini juga membahas keterkaitan pemberdayaan masyarakat, pengembangan masyarakat serta partisipasi masyarakat. Disamping itu mata kuliah ini juga menjelaskan beberapa model Intervensi Komunitas, yang meliputi beberapa model intervensi, antara lain: (1) kebijakan sosial; (2) aksi komunitas; (3) pemasaran sosial; dan (4) pengembangan masyarakat. Dalam pelaksanaan perkuliahan ini mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk melatih keterampilan dasar dalam melakukan pemasaran sosial, serta melakukan assessment di tingkat komunitas.

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Metode Intervensi Sosial.

Perundang-Undangan Sosial

Mata kuliah ini membahas dasar pemikiran, perkembangan dan masalah-masalah kesejahteraan sosial yang timbul di negara barat. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan akan mampu menganalisa dasar pemikiran, perkembangan dan pelaksanaan perundang-undangan sosial di Indonesia.

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial

Perencanaan Partisipatoris dalam Intervensi Komunitas

Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Intervensi Komunitas dan Pengembangan Masyarakat. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diperkenalkan pada dasar pemikiran dan beberapa tahapan dalam melakukan perencanaan partisipatoris. Dalam mata kuliah ini, perencanaan partisipatoris yang akan dibahas lebih mengarah pada perencanaan partisipatoris yang berbasis aset komunitas. Sehingga berbagai asset komunitas juga dibahas guna meningkatkan pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam melakukan assessment di masyarakat. Dalam perkuliahan ini para mahasiswa juga akan berlatih melakukan assessment di level komunitas, serta membuat proposal lengkap mulai dari identifikasi kebutuhan dan potensi masyarakat, merencanakan program aksi yang akan dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada, serta membuat rencana anggaran untuk membiayai program yang akan dilakukan.

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Intervensi Komunitas.

Kesejahteraan Sosial dalam Sektor Industri

Memperkenalkan ruang lingkup, peran dan fungsi pekerja sosial di seting industri beserta pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan: manajemen sumber daya manusia dan peran pekerja sosial industri, masalah-masalah ketenagakerjaan dan peran pekerja sosial pada sektor industri, serta model-model pelayanan pekerja sosial industri. Dibahas pula topik-topik penting terkait dengan peran pekerja sosial industri seperti: Employee Assistance Program (EAP), Undang-Undang Ketenagakerjaan dan implementasinya serta tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility).

Prasyarat : Telah mengikuti mata kuliah Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial dan Metode Intervensi Sosial. 

Dampak Sosial Pembangunan dan Globalisasi

Membicarakan konsep-konsep tentang pembangunan, globalisasi, dan hak asasi manusia (HAM) serta dampak-dampak sosial yang mungkin ditimbulkan. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kepekaan dalam menganalisa dampak sosial (positif maupun negatif) yang mungkin timbul akibat upaya-upaya pembangunan dan pengaruh globalisasi yang ada di Indonesia.

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Teori Sosiologi bagi Kesejahteraan Sosial

Masalah Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep, teori-teori serta issu-issu di bidang kesehatan yang terkait dengan bidang   kesejahteran sosial, yang dapat digunakan untuk menganalisis dan menyusun rencana intervensi sosial di bidang kesehatan. Kuliah ini juga akan memberikan pemahaman tentang peran pekerja sosial dalam bidang kesehatan.

Prasyarat : Telah mengikuti mata kuliah Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial. 

1

Analisis Masalah Sosial

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang beberapa pendekatan dan paradigma sosiologis dalam menganalisis masalah sosial. Membahas tentang sifat dan ciri-ciri masalah sosial, sebab dan akibat masalah sosial serta solusi yang paling tepat. Juga dibahas masalah-masalah sosial aktual sebagai kasus nyata dengan menggunakan pendekatan dan paradigma tersebut.

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Teori Sosiologi bagi Kesejahteraan Sosial

T

Penelitian Evaluatif

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan teknik teknik dalam penelitian evaluatif terhadap program intervensi sosial, serta kemampuan  dalam melakukan penelitian evaluatif mulai dari menyusun rencana penelitian evaluatif, mengumpulkan data, menganalisa/mengolah data sampai dengan menulis laporan penelitian.

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Metode Penelitian Sosial 1 dan Penelitian Kualitatif Kesejahteraan Sosial

Dasar-Dasar Pembangunan Sosial

Kuliah ini memberikan pemahaman mengenai hubungan antara pekerjaan sosial dan pembangunan sosial, latarbelakang usaha kesejahteraan sosial dalam pembangunan sosial, serta pengembangan kapasitas individu, institusi masyarakat. Selanjutnya kuliah ini juga menjelaskan tentang implementasi prinsip-prinsip dasar pembangunan sosial.

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial

Masalah Kemiskinan

Masalah kemiskinan merupakan bagian dari masalah sosial. Fokus utama dari matakuliah ini yaitu mengamati berbagai perilaku dan masalah yang muncul sebagai dampak dari kemiskinan. Dengan menguasai permasalahan sosial tersebut diharapkan membantu mahasiswa dalam mengatasi permasalahan sosial yang berkaitan dengan masalah kemiskinan.

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Teori Sosiologi bagi Kesejahteraan Sosial

Teori dan Teknik Supervisi dan Konsultasi

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan yang komprehensif tentang prinsip-prinsip dasar dan teknik supervisi dan konsultasi, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menjalankan peran sebagai supervisor dan konsultan, baik dalam bidang pekerjaan sosial maupun kelembagaan/organisasi pada umumnya.

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Metode Intervensi Sosial

Praktek Perencanaan Kesejahteraan Sosial

Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa melakukan simulasi dalam kelas tentang perancangan program pelayanan sosial, mulai tahap kebutuhan, menentukan dan menjabarkan sasaran program hingga merumuskan anggaran program. Mata kuliah ini merupakan aplikasi dari irisan beberapa mata ajaran lain yaitu, Sistem usaha kesejahteraan sosial, Metode intervensi sosial, Perundang-undangan sosial, Pengorganisasian dan pengembangan masyarakat, Perencanaan partisipatori dalam intervensi komunitas, dan Kebijakan dan perencanaan sosial. Kolaborasi ini membutuhkan pemahaman yang mencakup bahasan sikap profesional sebagai perencana program yang terkait dengan fungsinya sebagai manajer program dan perencana substansi intervensi program. Diharapkan akan diperoleh pengalaman yang dapat langsung diterapkan dalam bidang pekerjaan yang akan dihadapi peserta ajar di masa yang akan datang.  

Prasyarat: Sudah Mengikuti Kebijakan & Perencanaan Sosial

Praktikum I

Dalam kuliah praktek ini mahasiswa mencoba menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam menganani masalah-masalah sosial pada tingkat individu, keluarga, kelompok, komunitas dan organisasi, mulai dari tahap pembentukan relasi/kontak, merumuskan masalah, dan merancang pemecahan masalah (Intervensi sosial) dan terminasi. Dalam praktikum ini bila dimungkinkan mahasiswa dapat melakukan praktikum sampai tahap melaksanakan intervensi, mengevaluasi dan terminasi. Dalam praktikum ini mahasiswa menyediakan waktu 2 (dua) hari kerja dalam seminggu selama 1 semester penuh untuk praktek di lapangan, di bawah bimbingan supervisor sekolah dan supervisor lembaga

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Metode Intervensi Sosial, telah memenuhi minimal 110 sks atau 106 sks dengan IPK minimal 3,00

Praktikum II

Dalam kuliah praktek ini mahasiswa mencoba menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengenal masalah-masalah sosial, mulai dari tahap pembentukan relasi/kontak, merumuskan masalah, merancang pemecahan masalah, melaksanakan intervensi, mengevaluasi dan melakukan terminasi. Dalam praktikum ini mahasiswa menyediakan waktu 4 (empat) hari kerja dalam seminggu selama 1 semester penuh untuk praktek di lapangan, di bawah bimbingan supervisor sekolah dan supervisor lembaga

Prasyarat: Hanya mengikuti 1 mata kuliah lain selain Praktikum II

Seminar Tugas Akhir

Mata kuliah ini mempersiapkan mahasiswa dalam pembuatan proposal tugas akhir, baik skripsi maupun non skripsi. Pada akhir perkuliahan ini mahasiswa harus sudah dapat menyelesaikan proposal penelitiannya dan dipresentasikan dalam seminar proposal penelitian.

i

Karya Akhir

Karya akhir merupakan kelanjutan dari mata kuliah berbobot 3 SKS yang ditentukan oleh Program sarjana bagi mahasiswa yang memilih jalur tamat belajar tanpa skripsi. Tema/bentuk/jenis karya akhir ditetapkan oleh Program Sarjana.

Prasyarat: telah memenuhi 138 SKS

Skripsi

Mahasiswa yang memilih jalur skripsi ditugaskan membuat skripsi sebagai suatu syarat penyelesaian studi S1 di Program sarjana Ilmu kesejahteraan sosial di bawah bimbingan seorang staf pengajar yang ditunjuk oleh Ketua Program Sarjana.

Deskripsi Mata Kuliah Pilihan

Kesejahteraan Sosial Bagi Manusia Lanjut Usia

Kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep dan teori-teori tentang kesejahteraan lanjut usia. Kuliah ini juga memberikan pemahaman tentang kebijakan dalam penanganan masalah lanjut usia dan jenis-jenis layanan bagi lanjut usia di tingkat nasional dan internasional.

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial

s

Manajemen Penanggulangan Bencana

Mata kuliah ini memberikan pemahaman konsep, strategi dan konteks penanggulangan bencana untuk konteks Indonesia. Manajemen penanggulangan bencana dilihat dalam siklus tahapan penanggulangan, yang meliputi pencegahan,mitigasi dan rehabilitasi. Pembahasan juga meliputi pengenalan model-model dan program penanggulangan, aspek teknologi pendukung, manajemen data, kerjasama lintas disiplin dan orientasi langsung di lapangan. Di akhir kuliah, mahasiswa diharapkan dapat menjalankan peran sebagai koordinator kegiatan bantuan dengan prinsip kegiatan berbasis komunitas.     

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Pelayanan Kemanusiaan

Sebagai mata kuliah pilihan di Program Sarjana Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial, kuliah ini memberikan pemahaman  kepada mahasiswa mengenai Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Pelayanan Kemanusiaan yang mencakup Rekruitmen dan Seleksi; Pengembangan Sumber Daya Manusia; Pemberian Imbalan bagi Pekerja; Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Evaluasi Manajemen Sumber Daya Manusia

Kesejahteraan Sosial dan Isu Lingkungan

Mata kuliah ini mempelajari tentang keterkaitan isu lingkungan dengan upaya mewujudkan kesejahteraan sosial dalam arti yang luas. Konteks uraian dan analisis di mata kuliah ini dikembangkan dalam berbagai setting permasalahan lingkungan diantaranya misalnya: kekumuhan di wilayah perkotaan, pola penghidupan masyarakat pesisir, pengelolaan hutan berbasis masyarakat, penanganan konflik sumber daya alam dan lain sebagainya. Ruang lingkup perkuliahan mencakup pembahasan paradigma hubungan manusia dan lingkungan, teori lingkungan antroposentris, diskusi kasus dan kebijakan lingkungan yang sedang aktual dan juga kunjungan lapangan ke lokasi yang bermasalah lingkungan atau lokasi yang sukses dalam mengelola lingkungan untuk kesejahteraan.

Dimensi Sosial Ekonomi Bagi Kesejahteraan Sosial

Mata kuliah ini merupakan kombinasi dari analisa economic interest dan analisa hubungan sosial. Manusia sebagai fokus pembahasan, berinteraksi pada system/lingkungan sosial dan marketplace. Pada sisi ekonomi, interaksi ini berusaha dipahami sebagai keputusan individu untuk menggunakan resources nya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan atau kesejahteraannya.  Pada sisi sosial akan dianalisa pola interaksi dan institusi sosial yang dipergunakan individu untuk menghasilkan keuntungan/margin dan kesejahteraan. Sehingga kombinasi dari dua pendekatan diatas merupakan aplikasi dari analisa sosial terhadap phenomena ekonomi dan usaha-usaha untuk menjelaskannya.

w

Kesehatan Jiwa Berbasis Komunitas

Mata kuliah ini memberikan kepada pemahaman mahasiswa tentang kesehatan jiwa berbasis komunitas yang merupakan salah satu ruang lingkup bidang  ilmu kesejahteraan social. Adapun materi perkuliahan meliputi pemahaman secara umum berbagai gejala dan kategori penyakit jiwa, komponen kegiatan pelayanan kesehatan jiwa komunitas,  ruang lingkup kegiatan Upaya Pelayanan Kesehatan Jiwa Komunitas, dan intervensi psikososial.

Kesejahteraan Anak dan Perlindungan Anak (3 SKS)

Mata kuliah ini menjelaskan isu-isu yang berkembang terkait dengan kesejahteraan anak dan perlindungan anak. Dalam rangka membahas isu kesejahteraan anak dan perlindungan anak, sudut pandang yang digunakan tidak hanya memperhatikan anak saja, akan tetapi dilihat juga keterkaitannya dengan keluarga dan komunitas. Pemahaman konteks dan konsekuensi kesejahteraan anak dan perlindungan anak tidak dapat dipisahkan dari keluarga dan komunitas dimana mereka berada. Pada kuliah ini, pemahaman tentang berbagai kerangka pemikiran yang ada dapat digunakan untuk menganalisis dan mengembangkan alternatif pemecahan masalah yang terkait dengan kesejahteraan anak dan perlindungan anak.

Prasyarat: Telah mengikuti mata kuliah Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial.

Mari Bergabung Bersama Kami!

Program Sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial membuka kesempatan kepada seluruh siswa/i lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dari seluruh rumpun ilmu (IPA/IPS/lainnya)* yang telah menyelesaikan studi di sekolahnya.

*Syarat dan Ketentuan berlaku.
Silahkan mengakses situs SIMAK UI untuk melihat persyaratan terkini.

Program Studi Sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial

Kelas Reguler